KEBERHASILAN BELAJAR MENGAJAR
Indikator keberhasilan
Petunjuk bahwa suatu proses belajar mengajar dianggap berhasil sebagai berikut
- Daya serap terhadap bahan pelajaran yang diajarkan mencapai presentasi tinggi, baik secara individu maupun kelompok
- Perilaku yang digariskan dalam tujuan pengajaran/ instruksional khusus (TIK) telah dicapai oleh siswa baik secara individu maupun kelompok
Berdasarkan tujuan dan ruang lingkupnya, tes prestasi belajar dapat digolongkan kedalam jenis penilaian sebagai berikut;
- Tes formatif
- Tes subsumatif
- Tes sumatif
Tingkat keberhasilan dibagi beberapa tingkatan diantaranya
- Istimewa/ maksimal : bahan pelajaran dikuasai keseluruhan
- Baik sekali/ optimal : 76% s.d 99% dikuasa oleh siswa
- Baik/ minimal : 60% s.d 75% dikuasai oleh siswa
- Kurang : kurang 60% dikuasai oleh siswa
Pelajaran perbaikan biasanya mengandung kegiatansebagai berikut
- Mengulang pokok bahan keseluruhan
- Mengulang bagian yangkan di kuasai
- Memecahkan masalah soal bersama-sama
- Memberikan tugas khusus
Tujuannya adalah pedoman sekaligus sebagai sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan belajar mengajar. Tercapainya tujuan sama halnya keberhasilan pengajaran. Tujuan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar mengajar dalam setiap kalipertemuan kelas.
Kegiatan pelajaran
Yaitu terjadinya interaksi antara guru dengan anak didik dengan bahan sebagai perantaraanya
Bahan dan alat evaluasi
Yaitu suatu bahan yang terterdapat didalam kurikulum yang sudah diperlajari oleh anak didik guna kepentingan ulangan
lanjutkan di PENGGUNAAN MEDIA SUMBER BELAJAR DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR