Sunday, May 28, 2017





Susunan zat akan terdiri dari atom, molekul, unsur, senyawa, dan campuran. Atom, molekul, unsur, senyawa dan campuran akan dijelaskan secara singkat pada penjelasan berikut.

ATOM DAN MOLEKUL

Atom adalah partikel suatu unsur. dua atom atau lebih bergabung secara kimia akan membentuk molekul. olekul digolongkan menjadi dua, yaitu molekul unsur dan molekul senyawa. Molekul unsur adalah molekul-molekul yang terdiri atas atom-atom satu macam unsur. Contoh molekul unsur seperti H2 (hidogen) dan P4 (fospor). Molekul senyawa adalah molekul yang terdiri dari ato-atom beberapa unsur yang membentuk senyawa tersebut. Contoh molekul enyawa adalah olekul air (H2O) dan molekul gula (C12H22O11).

UNSUR

Unsur merupakan zat tunggal yang tidak dapat diuraikan kembali menjadi zat lain yang baru dan berlainan jenis. Unsur terdiri atas tiga macam, yaitu unsur logam, unsur nonlogam, dan unsur metaloid.
  • Unsur logam
unsur loga adalah unsur yang berbentuk padat. Unsur mampu menghantarkan listrik dengan baik. contoh ema, besi, tembaga, seng dan baja.
  • Unsur nonlogam
unsur nonlogam biasanya berbentuk padat maupun gas. Unsur ini bisasanya berwujud padat atau gas. contoh belerang, fosfor, oksigen, dan hidrogen
  • Unsur metaloid
Unsur metaloid adalah unsur yang sediki menghantarkan listrik sehingga banyak dimanfaatkan sebagai bahan semikonduktor, contoh silikon, dan germanium

SENYAWA

Senyawa adalah gabungan zat yang terdiri atas dua unsur atau lebih melalui reaksi kimia dengan jumlah perbandingan tetap. sifat unsur pembentuk senyawa memiliki sifat yang berbeda dengan sifat senyawa. Contoh Air dan garam dapur.

CAMPURAN

Campuran adalah gabungan antara dua macam zat atau lebih. Penggabungannya dilakukan secara fisis. setiap penyusun capuran tetap memiliki sifat aslinya. Zat penyusun campuran berupa unsur-unsur, senyawa-senyawa, atau unsur dan senyawa. Hal tersebut menyebabkan capuran bersifat heterogen. contoh udara, air laut, darah, dan tanah. Campuran dapat dipisahkan melalui berbagai cara, seperti:

  • Penyaringan
Pemisahan capuran penyaringan merupakan pemisahan campuran berdasarkan ukuran pertikel dan penyusunnya
  • Destilasi
Pemisahan destilasi merupakan pemisahan campuran berdasarkan adanya perbedaan titik didih masing-masing partikel penyusunnya
  • Kristalisasi
Pemisahan campuran kristalisasi merupakan pemisahan berdasarkan penguapan zat pelarutnya
  • Sublimasi
Pemisahan yang berdasarkan sifat zat penyusun campuran yang berubah wujud dari padat ke gas atau sebaliknya
  • Kromatografi
Pemisahan ini berdasarkan adanya perbedaan kecepatan patikel zat yang menyusun campuran dalam medium tertentu.

MATERI SEBELUM & SELANJUTNYA

http://fisikaberbagi.blogspot.com/2017/05/perubahan-wujud-zat.html
 https://fisikaberbagi.blogspot.co.id/2017/05/gaya-antar-partikel-zat.html
https://fisikaberbagi.blogspot.co.id/2017/05/massa-jenis.html

FIISKA SMP

Select Language

Popular Posts

LATIHAN UJIAN NASIONAL