Friday, May 26, 2017







Pengukuran adalah kegiatan membandingkan ukuran benda dengan ukuran lain yang dijadikan satuan pembanding. pengukuran juga diartikan proses membandingkan suatu besaran dengan besaran lain yang ditetepatkan sebagai satuan. 

Sementara itu, besaran adalah sesuatu yang diukur, mempunyai nilai tertentu, dinyatakan dengan angka, dan memiliki satuan tertentu. Adapun satuan adalah pernyataan yang menjelaskan dari suatu besaran. Perhatikan pernyataan berikut:

" Botol mineral bertuliskan isi bersih 1.500mL".

berdasarkan pernyataan tersebut, isi bersih merupakan besaran yang diukur, sedangkan mL menyatakan satuan besaran yang diukur.

Dalam ilmu fisika, besaran-besaran dibedakan menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan

1. Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lainnya. Besaran pokok beserta simbolnya antara lain:


No.
Besaran Pokok
Satuan
1.
Panjang Meter (m)
2.
Massa Kilogram (kg)
3.
Waktu Sekon (s)
4.
Suhu Kelvin (K)
5.
Kuat Arus Ampere (A)
6.
Intensitas Cahaya Candela (Ca)
7.
Jumlah Zat Mol (N)

2. Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok. contoh dari besaran turunan dan simbolnya sebagai berikut:

No.
Besaran Pokok
Lambang Satuan
1.
Luas A
2.
Volume V
3.
Massa Jenisp
4.
Tekananp
5.
UsahaW



Besaran juga dibagi menjadi besaran skalar dan besaran vektor. Besaran skalar adalah besaran yang memiliki nilai saja tetapi tidak emiliki arah, sedangkan besaran vektor adalah besaran yang meiliki nilai dan arah. Contoh besaran skalar adalah jarak, daya, massa jeni, luas, tekanan, dan volume. sementara itu, contoh besaran vektor adalah perpindahan, kecepatan, percepatan dan momentum.







1. Satuan Baku dan Satuan Tidak Baku

Satuan baku merupakan satuan-satuan yang ditetapkan sebagai satuan pengukuran secara ilmiah. Conth satuan baku seperti meter, kilogram, dan kelvin. Sifat satuan baku adalah universal, maksudnya satuan-satuan tersebut berlaku secara internasional dan berguna ebagai standar dalam pengukuran.

Satuan tidak baku merupakan satuan-satuan yang tidak ditetapkan sebagai satuan pengukuran secara ilmiah. Satuan tidak baku sering digunakan pada daerah tertentu. Oleh karena itu, satuan tidak baku bersifat lokal. contoh satuan tidak baku seperti jengkal, hasta, depa, karung, dan kaki.

2. Satuan Internasional

Adanya perbedaan satuan di berbagai tempat, pada tahun 1960 sejumlah ilmuan mengadakan konfrensi umum internasional untuk menyepakati Satuan Sistem Internasional yang lebih dikenal dengan sebutan satuan SI.

Adanya kesepakatan tersebut, sistem satuan SI berlaku internasional. Satuan SI mempunyai nilai yang tetap dan udah dikonversi ke dalam sistem satuan sejenis lainnya. Satuan SI untuk sembilan besaran pokok dan besaran turunan akan  ditunjukkan melalui tabel berikut:



Sementara itu, satuan besaran turunan diperoleh dari hasil perumusan besaran pokok sehingga diperoleh satuan besaran turunan. Contoh satuan dari besaran turunan antara lain:




LANJUT KE MATERI BERIKUTNYA
Silahkan adik-adik memilih salah satu sub materi diatas dengan meng-klik. otomatis adik-adik akan diarahkan ke materi yang dituju.

FIISKA SMP

Select Language

Popular Posts

LATIHAN UJIAN NASIONAL