Sunday, March 27, 2016

 


Semua orang tahu berbagi itu indah, indah bagi penerimanya dan juga indah bagi yang memberi. Keindahan apakah itu ? Keindahan jiwa, jiwa yang besar yang ingin orang disekitarnya bisa seperti dirinya dengan membagikan ilmu yang dia punya. Mengapa harus berbagi ? Berikut adalah beberapa alasannya :


Ilmu kita akan bertambah

Dengan membagikan ilmu yang kita punya, berarti sekaligus kita sedang menambah ilmu baru yang terkadang tidak terpikirkan sebelumnya. Pengalaman saya sendiri sering hal-hal unik, baru dan tidak pernah terpikirkan dan itu hanya terjadi jika anda memberikan ilmu anda kepada orang lain. Jika anda hanya menyimpan ilmu yang anda miliki, ilmu anda tidak berkembang, bertambah mungkin ia, tetapi tidak sehebat orang yang mau berbagi ilmu.

Ilmu sekarang yang dimiliki akan bertahan lama dalam ingatan kita

Saat kita membagikan ilmu kita yang bermanfaat tentunya, secara tidak langsung kita juga sedang mengulang dan memfasihkan ilmu yang barang kali sudah kita kuasai dahulu. Mungkin saja jika tidak dibagikan kepada orang lain, kita akan lupa akan ilmu tersebut karena lupa mengulang-ulangnya.

Hati akan bahagia

Perasaan puas, senang dan rasa gembira akan muncul ketika kita berhasil membagikan ilmu kita kepada orang lain dengan syarat harus tulus. Tulus yang bagaimana ? Ya, sebagian orang tidak mau memberikan ilmunya secara cuma-cuma (alias gratis). Tetapi semua tergantung anda, saya tidak menyuruh anda untuk menentukan tarif atau gratis. Namun yang perlu anda ketahui, memberikan ilmu kepada orang lain (apalagi teman dekat) atau siapapun tanpa mengaharap imbalan (dalam artian anda tidak mematok harga) rasa senangnya pasti berbeda dengan jika anda memasang harga.

Lantas kenapa sebagian orang tidak mau berbagi ilmunya ? Menurut saya, karena ilmunya masih dangkal, dan rasa sombong. Biasanya orang-orang hebat, pasti mau membagikan ilmunya. Lihat saja Thomas Alva Edison yang mau membagikan hasil penemuannya yang fenomenal bola lampu pijar. Kalau dia tidak berbagi, mungkin kita sekarang masih gelap gulita.


Semua tergantung anda, jika anda ingin lebih pintar. Mulailah dengan berbagi ilmu yang anda punya.

0 komentar:

FIISKA SMP

Select Language

Popular Posts

LATIHAN UJIAN NASIONAL